Akademisi

Bahasa Jepang: Ragam Bahasa Pria dan Wanita

Bahasa Jepang: Ragam Bahasa Pria dan Wanita

Judul               : Bahasa Jepang: Ragam Bahasa Pria Dan Wanita

Penulis            : Fransiska Nimas Jayanti Putri dan Teguh Santoso  

Editor              : Morfalingua

Tebal Buku     : 226 halaman; 16×23 cm

Edisi               : Cetakan I, 2016

Penerbit         : Morfalingua

 

Buku yang berjudul RAGAM BAHASA PRIA DAN WANITA DALAM BAHASA JEPANG ini ditujukan untuk menambah bahan bacaan para pembelajar bahasa asing, terutama pembelajar Bahasa Jepang yang ingin mengenal tentang adanya ragam bahasa pria dan ragam bahasa wanita. Karena dalam belajar bahasa asing lainnya kita juga mengenal adanya ragam bahasa pria dan wanita dalam istilah masing-masing sesuai dengan penggunaan bahasa tersebut. Misalnya, Bahasa Perancis yang mempunyai banyak kosakata yang terdiri dari bentuk maskulin dan feminim, Bahasa Jerman pun demikian, Bahasa Arab juga mengenal adanya kosakata bentuk mudzakkar (مذكر) dan muannats (مؤنث) yang dipakai oleh ragam bahasa pria dan wanita, dan bahasa asing lainnya.

Selain mengerti akan adanya ragam bahasa pria dan wanita tersebut, pembaca juga diajak untuk memahami bersama bagaimana bentuk dan penggunaannya dalam contoh kalimat, dan percakapan yang disajikan dalam buku ini agar bisa dijadikan sebagai acuan untuk penelitian-penelitian selanjutnya.

Dengan buku yang berjudul RAGAM BAHASA PRIA DAN WANITA DALAM BAHASA JEPANG ini, semoga dapat memperkaya wawasan pembaca dalam kajian linguistik, terutama dalam memahami tentang adanya ragam bahasa pria dan wanita dalam bahasa Jepang.

 

PROFIL PENULIS

Teguh Santoso, Dosen tetap Prodi S1 Sastra Jepang di Universitas Ngudi Waluyo (UNW) di Ungaran, Kabupaten Semarang. Buku-buku yang sudah ditulis, antara lain:

    1. Dasar-dasar Morfologi Bahasa Jepang Edisi 2 (2015), Penulis: Teguh Santoso, Penerbit: Morfalingua, Yogyakarta.
    2. Seribu Kilometer (Novel Biografi/2015), Penulis: Teguh Santoso, Penerbit: Hanami, Semarang.
    3. Kajian Linguistik Kontrastif Tingkatan Bahasa dalam Bahasa Jepang dan Undak-usuk Bahasa Jawa (2015), Penulis: Teguh Santoso, Penerbit: Morfalingua, Yogyakarta.
    4. Bahasa Jepang: Ragam Bahasa Pria dan Wanita (2016), Penulis: Fransiska Nimas Jayanti Putri dan Teguh Santoso, Penerbit: Morfalingua, Yogyakarta.
    5. Cerita Rakyat Grobogan (2016), Penulis: Teguh Santoso, Penerbit: Histokultura, Yogyakarta.
    6. Kajian Linguistik Kontrastif: Kalimat Permohonan Direktif Bahasa Jepang dan Bahasa Jawa, (2018) Penulis : Teguh Santoso, Penerbit: Deepublish, Yogyakarta.
    7. Kiai Ageng Selo Sang Penakluk Petir : Seri 6 Bahasa (Bahasa Indonesia, Jawa, Inggris, Jepang, Mandarin dan Arab) (2017) Penulis: Abdul Rakhim, Teguh Santoso, Ota Ribeka, dkk Penerbit: Irsyadul Fikr, Yogyakarta (Cetakan I), Hanum Publisher, Grobogan Cetakan II (2019)
    8. Guru Era Milenial: Esai-Esai tentang Pendidikan, Literasi dan Lainnya (2019), Penulis: Teguh Santoso, dkk, Penerbit: Hanum Publisher, Purwodadi, Grobogan
administrator

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *