Akademisi

Berbagi Bersama untuk Warga RT 04/03 Kel. Babakan Tangsel yang Terdampak Covid-19

Berbagi Bersama untuk Warga RT 04/03 Kel. Babakan Tangsel yang Terdampak Covid-19

Penulis: Dr. Surasni, M.Pd – Dosen Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang

Dunia saat ini sedang dikejutkan dengan adanya virus yang awalnya berasal dari Cina di kota Wuhan, yaitu Virus Corona yang lebih dikenal dengan nama Covid-19. Virus yang mematikan ini menyebar dengan cepat di seluruh Negara di Dunia, tanpa terkecuali Indonesia termasuk salah satunya. Indonesia merupakan Negara terbesar di Asia tenggara karena jumlah penduduknya, sehingga saat virus Covid-19 sudah masuk ke Indonesia dengan cepat menyebar hampir di seluruh provinsi. DKI Jakarta yang terbanyak mengalami korban Covid-19, sudah banyak yang meninggal dunia disebabkan oleh virus ini, juga di provinsi lain di Indonesia antara lain Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan provinsi lainnya.

DKI Jakarta mengalami banyak kemunduran ekonomi saat terkena dampak Covid-19 ini, begitu juga dengan kota kecil disekitarnya antara lain Depok, Bekasi, Bogor, Tangerang, termasuk Tangerang Selatan. Seakan lumpuh perekonomian Indonesia di segala lini diakibatkan dampak Covid-19 ini. Perusahaan, Mall, Sekolah, Universitas, dan pasar-pasar besar sementara di tutup. Perkantoran juga ditutup dan dilakukan Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah, karena diberlakukannya Pembatasan Sosail Berskala Besar (PSBB) oleh Pemerintah Indonesia. Banyak para pedagang dan pegawai yang terkena dampak sangat drastis. Penghasilan menurun, pegawai banyak yang di PHK dimulai dari bulan Maret 2020.

Sebagai tenaga pengajar dan kaum intelektual di bidang pendidikan kami juga mengalami dampak tersebut, yaitu bekerja secara WFH. Akan tetapi sebagai Dosen, kami tetap melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Melihat situasi ini, kami tergerak untuk membantu masyarakat di sekitar kampus Universitas Pamulang, yaitu di RT 04/03 Babakan Setu Tangsel. Kami membantu mereka karena terkena dampak adanya pandemi Covid-19. Warga RT 04/03 Babakan Setu Tangsel ada yang terdampak tidak punya penghasilan karena berhenti berdagang dan ada juga yang di PHK oleh perusahaan tempat mereka bekerja. 30 warga dipilih oleh kelompok PKM Prodi Manajemen dan Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang. Tim PKM yang diketuai oleh  Asep Suherman, SE, MM, dengan anggota Syarifah Ida Farida, SE, MM,  Teguh Yuwono, SE, MM, Dr Surasni, M.Pd, dan Achmad Sumali, M.Pd.

Mungkin hanya sebagian kecil pengaruh yang ditimbulkan untuk warga Indonesia saat pandemi seperti ini. Tapi bagi warga Setu Babakan sangat dirasakan manfaatnya sumbangan kami untuk 30 warga yang tekena dampak Covid-19. Mereka sangat merasakan tekanan hidup yang sangat berat tanpa bisa berbuat apa-apa dikarenakan situasi yang mengharuskan mereka tetap tinggal di rumah dengan segala peraturan untuk hidup bersih dan menjalani protokol kesehatan yang ketat. Harapan kami semoga pandemi ini segera berlalu dan Tangerang Selatan berubah menjadi zona hijau dan warga dapat bekerja kembali seperti semula.

Tim PKM gabungan Prodi Manajemen dan Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang tetap  melakukan kegiatan yang bermanfaat di tengah wabah Covid-19, yaitu melaksanakan kerja sama dengan kelurahan-kelurahan di wilayah Tangerang  Selatan dengan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat untuk kedepannya. Demikian beberapa kinerja dari para dosen Universitas Pamulang yang sudah dilaksanakan maupun yang sedang diprogram untuk semester berikutnya.

administrator

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *