Akademisi

Cerita Rakyat Grobogan

Cerita Rakyat Grobogan

Judul              : Cerita Rakyat Grobogan

Penulis           : Teguh Santoso  

Editor             : Histokultura

Tebal Buku    : 196 halaman; 16×23 cm

Edisi               : Cetakan I, 2016

Penerbit         : Histokultura

 

Cerita rakyat (folklor) berawal dari rasa keingintahuan seseorang mengenai cerita-cerita yang berada di suatu daerah tertentu. Kata folklor berasal dari bahasa Inggris, yaitu folklore, yang merupakan kata majemuk yang berasal dari dua kata dasar folk dan lore. Folk berarti sekelompok orang yang memiliki ciri-ciri pengenal fisik, sosial, kebudayaan sehingga dapat dibedakan dari kelompok-kelompok lainnya. Sedangkan lore adalah tradisi folk, yaitu sebagian kebudayaannya yang diwariskan secara turun-temurun secara lisan (tutur-tinular)  atau melalui suatu contoh yang disertai dengan gerak isyarat atau alat pembantu pengingat. Cerita rakyat (folklor) yang turun-temurun diceritakan tersebut seringkali ada hubungannya dengan legenda,  sejarah, mitos atau mitologi dan sejenisnya.

Tentunya, masing-masing daerah di Nusantara tercinta ini pasti mempunyai cerita rakyat tersendiri, begitu pula cerita rakyat yang berasal dari kota Purwodadi Kabupaten Grobogan. Buku yang berjudul CERITA RAKYAT GROBOGAN ini diharapkan dapat menjawab keingintahuan masyarakat tentang cerita rakyat dari daerah Grobogan. Harapannya pula semoga dapat menambah wawasan akan adanya cerita rakyat yang masih beredar dan diperbincangkan di wilayah Kabupaten Grobogan. Disamping itu, buku ini juga bisa dijadikan bahan pelengkap cerita rakyat lainnya yang ada di Indonesia serta menjadikan bacaan tambahan bagi para peneliti dari kajian bidang ilmu sejarah, antropologi, kajian budaya, sastra, linguistik: etnolinguistik atau antropolinguistik maupun sosiolinguistik) .

 

PROFIL PENULIS

Teguh Santoso, Dosen tetap Prodi S1 Sastra Jepang di Universitas Ngudi Waluyo (UNW) di Ungaran, Kabupaten Semarang. Buku-buku yang sudah ditulis, antara lain:

    1. Dasar-dasar Morfologi Bahasa Jepang Edisi 2 (2015), Penulis: Teguh Santoso, Penerbit: Morfalingua, Yogyakarta.
    2. Seribu Kilometer (Novel Biografi/2015), Penulis: Teguh Santoso, Penerbit: Hanami, Semarang.
    3. Kajian Linguistik Kontrastif Tingkatan Bahasa dalam Bahasa Jepang dan Undak-usuk Bahasa Jawa (2015), Penulis: Teguh Santoso, Penerbit: Morfalingua, Yogyakarta.
    4. Bahasa Jepang: Ragam Bahasa Pria dan Wanita (2016), Penulis: Fransiska Nimas Jayanti Putri dan Teguh Santoso, Penerbit: Morfalingua, Yogyakarta.
    5. Cerita Rakyat Grobogan (2016), Penulis: Teguh Santoso, Penerbit: Histokultura, Yogyakarta.
    6. Kajian Linguistik Kontrastif: Kalimat Permohonan Direktif Bahasa Jepang dan Bahasa Jawa, (2018) Penulis : Teguh Santoso, Penerbit: Deepublish, Yogyakarta.
    7. Kiai Ageng Selo Sang Penakluk Petir : Seri 6 Bahasa (Bahasa Indonesia, Jawa, Inggris, Jepang, Mandarin dan Arab) (2017) Penulis: Abdul Rakhim, Teguh Santoso, Ota Ribeka, dkk Penerbit: Irsyadul Fikr, Yogyakarta (Cetakan I), Hanum Publisher, Grobogan Cetakan II (2019)
    8. Guru Era Milenial: Esai-Esai tentang Pendidikan, Literasi dan Lainnya (2019), Penulis: Teguh Santoso, dkk, Penerbit: Hanum Publisher, Purwodadi, Grobogan
administrator

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *