Akademisi

KIAT MEMBENTUK PERATURAN DESA YANG BAIK

KIAT MEMBENTUK PERATURAN DESA  YANG BAIK

Peraturan desa adalah peraturan perundang-undangan yang ditetapkan oleh Kepala Desa setelah dibahas dan disepakati bersama Badan Permusyawaratan Desa (“BPD”). Peraturan desa merupakan kerangka hukum dan kebijakan dalam penyelenggaraan pemerintahan desa dan pembangunan desa. Penetapan peraturan desa merupakan penjabaran atas berbagai kewenangan yang dimiliki desa mengacu pada ketentuan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi. Sebagai sebuah produk hukum, peraturan desa tidak boleh bertentangan dengan peraturan yang lebih tinggi dan tidak boleh merugikan kepentingan umum. Lebih lanjut, sebagai sebuah produk politik, peraturan desa diproses secara demokratis dan partisipatif, yakni proses penyusunannya mengikutsertakan partisipasi masyarakat desa. Masyarakat desa mempunyai hak untuk mengusulkan atau memberikan masukan kepada kepala desa dan badan permusyawaratan desa dalam proses penyusunan peraturan desa. Peraturan desa yang mengatur kewenangan desa berdasarkan hak asal usul dan kewenangan berskala lokal desa pelaksanaannya diawasi oleh masyarakat desa dan badan permusyawaratan desa. Hal itu dimaksudkan agar pelaksanaan peraturan desa senantiasa dapat diawasi secara berkelanjutan oleh warga masyarakat desa setempat mengingat peraturan desa ditetapkan untuk kepentingan masyarakat desa.

Atas latar belakang tersebut Program Studi Magister Hukum Universitas Pamulang sebagai implementasi Kerjasama yang telah dilakukan pada tanggal 1 Oktober 2020 antara Kaprodi MH Unpam dengan Kepala Desa Pedeslohor, Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal Nomor : 145/01/17/2020 Jo. 041033/MOA/2020/1043, diselenggarakan PKM dengan Tema KIAT MEMBENTUK PERATURAN DESA YANG BAIK

 

PKM ini diketuai oleh Dr. BELLY ISNAENI, SH, MH dengan anggota DR, BACHTIAR, S.H, MH., DIAN EKA PRASTIWI, S.H.,M.H., DR TATO SETIAWAN, S,H,,M,M. PKM dilakukan pada tanggal 28 s.d. 30 Oktober 2019. Selain dilakukan oleh dosen, PKM ini juga menyertakan mahasiswa yang juga sebagai pembicara dalam PKM tersebut.

KIAT MEMBENTUK PERATURAN DESA  YANG BAIK

Gambar Pelaksanaan PKM

Kepala Desa Pedeslohor Sunardi, SH memberikan apresiasi sebesar-besarnya atas peranan dosen Magister Hukum Unpam dalam memberikan materi pada acara PKM ini. Ini akan sangat bermanfaat bagi kami.

administrator

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *