Akademisi

Kuliah Daring Bisa Menjadi Next Normal

Kuliah Daring Bisa Menjadi Next Normal

Presiden Jokowi: "Kuliah online telah menjadi new normal, bahkan next normal. Saya yakin akan ada standar baru yang lebih inovatif dan produktif."

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa perkuliahan secara daring telah menjadi salah satu kegiatan normal baru. Menurut Jokowi, perkuliahan secara daring akan menjadi rutinitas normal di masa depan. “Kuliah online telah menjadi new normal, bahkan next normal. Saya yakin akan ada standar baru yang lebih inovatif dan produktif,” kata Presiden Jokowi secara virtual pada Sabtu, 4 Juli 2020, ketika membuka  Konferensi Forum Rektor Indonesia (FRI) 2020.

Menurut Jokowi, perkembangan perkuliahan secara daring yang masih lambat, sekarang sangat maju. Pandemi Covid-19 telah memberikan wawasan berharga bagi Indonesia, khususnya perguruan tinggi. Presiden Jokowi menambahkan bahwa krisis telah memaksa kita untuk mengembangkan cara-cara baru, mengembangkan norma-norma baru, dan menetapkan standar baru untuk kebaikan dan prestasi.

Beliau menegaskan bahwa posisi strategis pendidikan tinggi dalam kondisi krisis adalah mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan generasi muda yang produktif dan kompetitif. Termasuk menciptakan generasi muda yang selalu berjuang demi kemanusiaan dan kemajuan Indonesia. “Saya harus menekankan bahwa tugas mulia tidak dapat dilakukan dengan biasa-biasa saja, kesempatan kita sangat sempit. Tidak hanya dapat dilakukan secara rutin, tetapi juga tidak dengan cara yang biasa,” kata Jokowi.

Jokowi menekankan bahwa pendidikan tidak hanya berurusan dengan masalah administrasi. Harus ada perubahan, pengembangan cara dan strategi baru yang cerdas dan tidak biasa. Jokowi juga meminta perguruan tinggi untuk memperhatikan kesehatan fisik dan mental siswa. “Mengembangkan karakter siswa yang hati dan pikirannya merah dan putih untuk Indonesia, yang memiliki karakter mulia, mental baja dan berpegang pada Pancasila,” kata Jokowi. Suasana kampus harus memperkuat nasionalisme dan menghormati perbedaan dalam persaudaraan dan persatuan. Selain itu, kampus harus mampu menghasilkan generasi dengan integritas tinggi dan anti korupsi serta toleransi penuh dan penghormatan terhadap demokrasi.

administrator

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *