Akademisi

Membentuk Generasi Muda Anti Narkoba di Desa Pedeslohor, Kecamatan Adiwema, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah

Membentuk Generasi Muda Anti Narkoba di Desa Pedeslohor, Kecamatan Adiwema, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah

Generasi muda adalah tulang punggung Bangsa dan Negara merupakan istilah yang sering kita dengar sehari-hari. Perubahan-perubahan yang terjadi dalam lingkungan sosial saat ini memerlukan panutan dan contoh yang dapat membawa masyarakat kita ke arah yang lebih baik. Terlebih lagi di era reformasi ini, generasi muda dituntut untuk lebih berpartisipasi dalam membangun masyarakat Indonesia. Sebagaimana kita ketahui, generasi muda adalah tonggak keberlangsungan masa depan Indonesia. Mereka adalah harapan kita, sinar matahari yang akan memberikan warna bagi masa masa depan bangsa. Oleh karena itu, menjaga mereka agar tidak terpengaruh oleh bahaya Narkoba adalah kewajiban semua pihak. Hasil survei membuktikan bahwa mereka yang beresiko terjerumus dalam masalah narkoba adalah anak yang terlahir dari keluarga yang memiliki sejarah kekerasan dalam rumah tangga, dibesarkan dari keluarga yang broken home atau memiliki masalah perceraian, sedang stres atau depresi, memiliki pribadi yang tidak stabil atau mudah terpengaruh, merasa tidak memiliki teman atau salah dalam pergaulan. Dengan alasan tadi maka perlu pembekalan bagi para orang tua agar mereka dapat turut serta mencegah anaknya terlibat penyalahgunaan narkoba.

Atas latar belakang tersebut Program Studi Magister Hukum Universitas Pamulang sebagai implementasi Kerjasama yang telah dilakukan pada tanggal 1 Oktober 2020 antara Kaprodi MH Unpam dengan Kepala Desa Pedeslohor, Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal Nomor : 145/01/17/2020 Jo. 041033/MOA/2020/1043, diselenggarakan PKM dengan Tema MEMBENTUK GENERASI MUDA ANTI NARKOBA DI DESA PEDES LOHOR, KECAMATAN ADIWERNA, KABUPATEN TEGAL, JAWA TENGAH

PKM ini diketuai oleh Dr. Susanto, SH, MM, MH dengan anggota DR, RR DEwl ANGGRAENI, S.H, MH., DR BAMBANG WYONO, S.H.,M.H., DR BASTIANON, S,H,,M,H. dan DR BACIITIAR, SH,, [‘IH. PKM dilakukan pada tanggal 17 s.d. 19 Oktober 2019. Selain dilakukan oleh dosen, PKM ini juga menyertakan mahasiswa yang juga sebagai pembicara dalam PKM tersebut.

Membentuk Generasi Muda Anti Narkoba di Desa Pedeslohor, Kecamatan Adiwema, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah

Gambar Pelaksanaan PKM

Dampak dari penyalahgunaan narkoba sudah terbukti pada generasi kita. Dapat terlihat kerusakan fisik seperti: otak, jantung, paru-paru, saraf-saraf, selain juga gangguan mental, emosional dan spiritual, akibat lebih lanjut adalah daya tahan tubuh lemah, virus mudah masuk seperti virus Hepatitis C, virus HIV/AIDS. Oleh karena itu kita tidak akan rela jika generasi muda kita mengalami penderitaan di atas. Dalam kurun waktu dua dasa warsa terakhir ini Indonesia telah menjadi salah satu negara yang dijadikan pasar utama dari jaringan sindikat peredaran narkotika yang berdimensi internasional untuk tujuan-tujuan komersial.3 Untuk jaringan peredaran narkotika di negaranegara Asia, Indonesia diperhitungakan sebagai pasar (market-state) yang paling prospektif secara komersial bagi sindikat internasioanl yang beroperasi di negara-negara sedang berkembang.

Kepala Desa Pedeslohor Sunardi, SH memberikan apresiasi sebesar-besarnya atas peranan dosen Magister Hukum Unpam dalam memberikan materi pada acara PKM ini. Ini akan sangat bermanfaat bagi kami.

administrator

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *