Akademisi

Pentingnya Personal Branding di Era Digital

Pentingnya Personal Branding di Era Digital

Personal Branding menjadi kebutuhan bagi seseorang yang berprofesi sebagai seorang dosen

Penulis: Ali Mubarok, S.Pd., M.M. – Dosen Prodi Manajemen Universitas Pamulang

Ketika mendengar kata “brand” apa yang terlintas di pikiran anda? Tentu tidak jauh dari sebuah nama, istilah, tanda, simbol atau desain, yang bertujuan untuk mengidentifikasikan sebuah barang atau jasa yang dihasilkan oleh produsen dan sebagai pembeda dengan produk lainnya.

Personal branding adalah praktek dimana orang memasarkan diri mereka sebagai sebuah pencitraan. Dalam melakukan sebuah personal branding, salah satu hal utama yang harus dilakukan adalah mencari kekuatan dan keistimewaan dari diri sendiri. Bagaimana membangun personal branding agar bisa menjadi individu unggul, istimewa, dan memiliki nilai yang tinggi.

Dosen memiliki kewajiban untuk menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, tentunya setiap dosen sudah  menjalankan kewajibannya tersebut. Dalam setiap Tri Dharma yang dijalankan tentunya ada luaran yang harus dilakukan. Namun, tidak semua dosen menginformasikan hasil setiap kegiatannya di media, khususnya media online. Padahal media online ini adalah media yang sangat efektif dalam membangun personal branding. Setiap saat kita membutuhkan informasi secara cepat, kebanyakan pasti akan mencari informasi yang dibutuhkan melalui internet. Tak perlu repot, kita tinggal buka internet dan tak sampai hitungan menit kita sudah bisa mendapatkan informasi yang dicari.

Di era digital ini semua informasi ada di internet.Dengan banyaknya artikel kita yang di-publish, maka masyarakat akan mengetahui keahlian kita. Banyak contoh nyata dari dosen yang rajin mengirim artikel ke media yang akhirnya dikenal publik dan banyak diundang menjadi narasumber di acara seminar, workshop ataupun bahkan menjadi staf ahli di lembaga tertentu.

Usahakan artikel yang kita kirim dalam bidang yang sama, supaya personal branding kita semakin kuat. Hindari kirim artikel dengan tema yang berbeda bidang, pembaca akan susah mengenali keahlian kita nantinya. Kontinuitas menjadi kunci dalam personal branding. Buat perencanaan dalam penulisan artikel. Jangan terlalu menggebu di awal dengan banyak kirim artikel, lalu setelah itu ‘hilang’. Lebih baik rutin secara berkala. Jangan lupa untuk membagikan artikel kita di media sosial yang kita punya. Dan juga jangan malu untuk membagikan artikel kita di group/komunitas yang kita tergabung di dalamnya. Ingat, kita sedang membangun personal branding. Jadi, jangan sungkan.

Salah satu media online yang bisa mengakomodir kebutuhan personal branding kita adalah akademisi.id. Media akademisi.id tempat para dosen bisa menyampaikan suaranya. Para dosen bisa menyampaikan opini, berita Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), berita penelitian, resensi/sinopsis buku.

administrator

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *