Akademisi

PKM Dosen Universitas Pamulang Berbagi Program UMKM di Tengah Pandemi Covid-19

PKM Dosen Universitas Pamulang Berbagi Program UMKM di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh: Yusni Nuryani, SE, MM – Dosen Prodi Manajemen Universitas Pamulang

Di masa Pandemi Covid-19 setiap orang pasti merasakan dampaknya tersendiri, dalam  perekonomian terutama pengusaha di sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) terkait dampak pandemi covid-19 tidak menyurutkan langkah para dosen Universitas Pamulang dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) untuk berbagi dan melakukan penyuluhan bagi UMKM.

Tim PKM terdiri dari beberapa dosen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang, yaitu Yusni Nuryani, Muhammad Yudha Alhabsi, Dana, Isep Amas Priatna, dan Juhaeri. Kami bekerjasama dengan Lembaga Amil Zakat (LAZ) Nahwa Nur yang membina kaum dhuafa Parung Panjang dalam program membantu pengusaha UMKM yang terdampak usahanya karena Covid-19.

“Sesungguhnya besarnya balasan tergantung dari besarnya ujian, dan apabila Allah cinta kepada suatu kaum Dia akan menguji mereka, barangsiapa yang ridha maka baginya keridha’an Allah, namun barangsiapa yang murka maka baginya kemurkaan Allah.” (HR. Tirmizi).

Masa pandemi Covid-19 telah berdampak pada perubahan segmentasi pasar, konsumen kini mulai beralih dengan penjualan dan pemasaran secara digital”. Ke depannya digitalisasi UMKM, harus memanfaatkan teknologi dan tentunya edukasi serta adanya pendampingan untuk menjaga kualitas penjualan, Selain itu, kegiatan ini membantu mereka untuk melakukan kegiatan kemitraan melalui pendistribusian sembako kepada para pedagang yang tidak mendapatkan penghasilan.

Kami selaku Dosen Manajemen memiliki target dalam kegiatan ini untuk membantu kemitraan LAZ Nahwa Nur dalam meningkatkan kegiatan UMKM di daerahnya, sehingga mereka bisa mendapatkan penghasilan dan mencukupi kebutuhannya.

administrator

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *