Akademisi

Pelatihan Pelayanan Prima dalam Menciptakan Kepuasan Pelanggan di Masa Covid-19 dengan Memanfaatkan Informasi Teknologi

Pelatihan Pelayanan Prima dalam Menciptakan Kepuasan Pelanggan di Masa Covid-19 dengan Memanfaatkan Informasi Teknologi

Marketing harus memiliki strategi yang baik dalam menangani masalah di pasar. Lakukan perencanaan dan pengamatan yang baik terhadap kondisi pasar pada saat itu. Orientasi kerja marketing yang utama terletak pada pelanggan. Kepuasan pelanggan adalah tujuan utama proses ini. Lebih baik mempertahankan image produk di depan pelanggan daripada mencari konsumen baru. Lebih baik meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan, daripada mencari konsumen baru. Proses ini bertanggung jawab untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Mencari pelanggan yang loyal lebih susah dibandingkan mencari konsumen baru.

Di era ekonomi digital, Marketing 4.0 mulai diperkenalkan. Marketing 4.0 merupakan pendekatan terbaru dalam dunia pemasaran yaitu pendekatan pemasaran yang mengkombinasikan interaksi online dan interaksi offline antara perusahaan dengan pelanggan yang tujuan utamanya yaitu memenangkan advokasi konsumen.

Selain mengkombinasikan online dan offline, marketing 4.0 juga mengintegrasikan antara style dan substance, karena style itu penting namun orang tidak hanya butuh stye saja tetapi juga ingin tahu substansinya, Jadi, substansi juga penting. Artinya merek tidak hanya memprioritaskan branding bagus tetapi juga menyuguhkan konten yang bagus dan relevan dengan kemasan yang up-to-date.

Tidak hanya strategi online, offline pun penting. Pebisnis harus tetap memikirkan brand activation agar bisa bertemu langsung dengan customer. Disamping acara offline brand activation dilaksanakan, harus juga dikomunikasikan secara online agar netizen juga mengerti semua acara offline yang diadakan oleh perusahaan. Di era saat ini, Marketing 4.0 memang harus dijalankan agar sebuah brand bisa memenangkan persaingan.

Kondisi tersebut yang menginisiasi  tim Pengabdian Kegiatan Masyarakat (PKM) Program Studi (Prodi) Universitas Pamulang yang dipimpin oleh Mohamad Duddy Dinantara, SE, MBA. Kegiatan PKM dilaksanakan pada tanggal 11-13 Juni 2020 secara daring. Kegiatan PKM dilakukan untuk membantu PT Arzuro Kinerja SDM dalam meningkatkan pelayanan prima dalam menciptakan kepuasan pelanggan di masa Covid-19 dengan memanfaatkan informasi teknologi .

Tujuan dilaksanakannya kegiatan PKM ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada para pemasar PT Arzuro Kinerja SDM tentang bagaimana mempromosikan produk, komunikasi dengan konsumen, memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen di masa Covid-19, sehingga diharapkan para pemasar mampu menjalankan fungsinya dengan baik walau dimasa Covid-19 ini. Pemanfaatan kemajuan teknologi bisa membantu para pemasar dalam pelayanan kepada konsumen tetap berjalan dengan baik.

Marketing adalah ujung tombak suatu bisnis. Untung ruginya bisnis dapat dilihat dari proses marketingnya. Oleh karena itu orang yang berkedudukan sebagai staf marketing harus pandai dalam menyusun strategi. Jangan sampai salah dalam mengambil strategi, karena dampaknya terhadap kehidupan bisnis sangat tinggi.

administrator

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *