Akademisi

Pelatihan Perpajakan Guna Menumbuhkan Ketaatan Kewajiban Perpajakan Terhadap UMKM di Wilayah Kelurahan Cipinang Baru

Pelatihan Perpajakan Guna Menumbuhkan Ketaatan Kewajiban Perpajakan Terhadap UMKM di Wilayah Kelurahan Cipinang Baru

Tim Dosen Pengabdian Kegiatan Masyarakat (PKM) Program Studi (Prodi) Manajemen Universitas Pamulang mengadakan kegiatan PKM pada tanggal 18-20 Juni 2020 di Keluahan Cipinang Baru. Kegiatan PKM dilaksanakan secara daring, dipimpin oleh Ali Mubarok, S.Pd., MM.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan PKM ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada para pengusaha kecil (UMKM) di Wilayah Kelurahan Cipinang Baru tentang perpajakan. Dengan adanya kegiatan PKM ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran tentang arti pentingnya pajak bagi usaha kecil menengah, sehingga tumbuh ketaatan didalam melaksanakan kewajiban perpajakannya. Kegiatan PKM ini juga dapat meningkatkan pemahaman bagi para pengusaha kecil disekitar wilayah Cipinang Baru khususnya tentang PP No.23 tahun 2018, dan memberikan pemahaman tentang proses pencatatan keuangan, menghitung besarnya pajak yang harus dibayar, serta membuat pelaporan pajak.

Sasaran kegiatan PKM ini adalah para pelaku usaha kecil di Wilayah Kelurahan Cipinang Baru. Kegiatan PKM dilakukan dengan memberikan pelatihan secara daring yang dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab. Materi pelatihan ini memberikan pemahaman tentang pengertian pajak dan arti pentingnya pajak bagi pengusaha kecil (UMKM),serta melakukan sosialisasi tentang PP Nomor 23 Tahun 2018 tentang Pajak Penghasilan atas Penghasilan dari Usaha yang Diterima atau Diperoleh Wajib Pajak yang Memiliki Peredaran Bruto Tertentu.

Selanjutnya para peserta pelatihan mencoba untuk membuat pencatatan keuangan pada setiap usaha yang dimilikinya serta menghitung besarnya pajak yang harus dibayar dan membuat pelaporan pajak. Dari kegiatan pelatihan diharapkan peserta dapat memahami tentang perpajakan, arti pentingnya pajak bagi usaha kecil, memahami tentang PP No. 23 Tahun 2018, membuat pencatatan keuangan, menghitung besarnya paiak yang harus dibayar secara mandiri, serta dapat membuat pelaporan pajak dengan tepat.

administrator

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *