Akademisi

Workshop: Penulisan Modul Sederhana Menyongsong Pembelajaran E-Learning

Workshop: Penulisan Modul Sederhana Menyongsong Pembelajaran E-Learning

Program Studi (Prodi) Magister Hukum Universitas Pamulang yang digawangi oleh Dr. Bachtiar, SH, MM bersama dosen Prodi Magister Hukum mengadakan workshop untuk menghadapi semester depan yang akan dilakukan secara daring. Workshop dilaksanakan secara daring pada hari Rabu kemarin, tanggal 24 Juni 2020, pukul 19.30 WIB. Workshop menampilkan dua narasumber. Narasumber pertama yaitu Dr. Yoyon M Darus, S.H., M.M. yang mengangkat tema mengenai modul atau bahan ajar. Beliau menjelaskan mengenai proses pembuatan modul secara detil. Deskripsi modul hingga bagian setiap pertemuan dijelaskan dengan disertai contoh. Narasumber kedua yaitu Dr. Susanto, SH, MM, MH yang mempraktikan langsung e-learning yang selama ini dilakukan dalam pembelajaran daring/online. Bagaimana membuat forum diskusi, mengupload soal UTS/UAS, dan materi lain yang berhubungan dengan e-learning.
Dalam acara workshop tersebut dihadiri oleh seluruh Prodi Magister Hukum Universitas Pamulang dan Wakil Rektor 1 Dr. E. Nurzaman AS, M.Si., Direktur Pascasarjana Dr. Ir. H. Sarwani, MM, MT, serta Wakil Rektor 4 Dr. Rr. Dewi Anggraeni, SH, MH. Dalam sambutannya sekaligus membuka acara tersebut, Dr. E. Nurzaman AS, M.Si. menjelaskan kembali mengenai kewajiban dosen dalam melaksanakan pengajaran yang diawali dengan pembuatan modul sesuai dengan standar. Dr. Ir. H. Sarwani, MM, MT menegaskan kembali bahwa pembuatan modul ini sejatinya hanya mendokumentasikan bahan ajar yang telah disampaikan kepada mahasiswa selama ini.
Dalam acara tersebut terjadi diskusi yang cukup interaktif dan dimoderatori oleh Dr. Bambang Santoso, SE, SH, MH. Seperti pertanyaan peserta dari Dr. Bastianon SH, MH dan Dr. Bambang Wiyono, SH, MH yang menghidupkan suasana diskusi dalam workshop.
Acara ditutup sekitar pukul 22.00 WIB dengan didahului pembagian tugas pembuatan modul oleh dosen Prodi Magister Hukum. Direktur Pascasarjana Universitas Pamulang berharap agar pertemuan ini sebagai awalan selanjutnya dan akan dilakukan pertemuan kembali sebagai implementasi pertemuan ini.

administrator

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *